LATAR BELAKANG
Siswa kurang dalam memahami letak puluhan dan satuan
ALAT DAN BAHAN
- Sedotan = 30 buah
- Gunting
CARA PEMBUATAN
- Sedotan kita potong menjadi 2 bagian sama panjang.
- setelah menjadi 60 buah kita ikat sepuluh-sepuluh hingga menjadi 4 ikatan
- sisanya kita ecer, dipakai hanya 9 sedotan
CARA PENGGUNAAN
Dua siswa maju ke depan, kemudian guru memberikan sedotan kepada kedua siswa tersebut, sehingga kedua siswa tersebut masing-masing memegang sedotan, tetapi dengan jumlah sedotan yang berbeda, Siswa yang pertama memegang sedotan yang berjumlah sepuluh ( nantinya untuk puluhan ) dan siswa satunya memegang sedotan yang berjumlah sembilan ( nantinya untuk satuan ).
Selanjutnya, secara bergantian siswa menghitung sedotan yang dibawa, Siswa yang pertama kemudian menghitung sedotan yang dibawanya, dan jumlahnya sepuluh. Kemudian sepuluh sedotan tadi di ikat menjadi satu. Selanjutnya guru menjelaskan bahwa 1 ikatan sedotan yang jumlahnya sepuluh dan yang sudah diikat disebut satu puluhan.
Siswa yang kedua selanjutnya menghitung sedotan yang dia bawa, jumlahnya sembilan. Disini guru kemudian menjelaskan jika sedotan tersebut tidak diikat, masih dalam bentuk eceran disebut satuan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar